Jumat, 22 Februari 2008

Salam... Amanahkah?!

Bismillah...

Amanah adalah hal yg berat untuk diemban, namun pada kenyataannya banyak diantara kita yg menganggap sepele hal ini. Kita ambil saja satu contoh saja terkait amanah untuk menyampaikan salam kepada salah seorang atau beberapa dari teman kita.

Salah seorang akh berkata : "ana menganggap itu basa basi saja, misalnya 'salam ya untuk semua ikhwah disana', jadi ga ana sampein......."

Saudaraku, miris sebenarnya melihat hal ini. Namun ini adalah sebuah imbal balik dari ketidak hati-hatian kita dalam mengatakan sesuatu. Yang sebenarnya itu bisa berakibat fatal. Jangan di dramatisir! Memang. Hanya saja kita mesti menyadari bahwa yang menyampaikan salam tak ada bedanya dengan yang menerima amanah ini. Maksudnya?!

Jika ada seseorang berkata: "Salam ya untuk All ikhwah disana..."
Maka yang dititipi amanah ini akan bingung kepada siapa harus disampaikan. Ini basa-basi atau bukan! Maka alternatifnya menjadi tidak disampaikan.
Dari sini muncul pertanyaan, Apakah rasional menitipkan salam untuk semua saudara kita untuk satu kampus, satu daerah atau satu wilayah? Dan ketika tidak menyampaikan kepada semua itu kita menjadi berdosa?

Saudaraku, mari kita sadari apa-apa yg kita ucapkan untuk tidak membebani orang lain. Jika yg di ucapkan sekedar basa-basi, maka itu bukanlah masalah. Akan tetapi ketika itu menjadi sebuah amanah, maka kita akan berdosa ketika tidak menyampaikannya.

Semoga tulisan singkat ini menjadi bahan evaluasi bagi diri kita untuk tidak asal bicara, dan berusaha untuk menunaikan amanah sekecil apapun itu.

wallahu'alam

Tidak ada komentar: